BAHAYA MALWARE PADA KOMPUTER | Seputar Info Menarik

BAHAYA MALWARE PADA KOMPUTER

By

BAHAYA MALWARE PADA KOMPUTER

Bagi anda yang sering menggunakan komputer mungkin sering mendengar istilah "Malware", kepanjangan dari Malicious Software. Namun mungkin anda tidak tahu sepenuhnya tentang istilah tersebut.

Pengertian Malware sendiri yaitu program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan untuk mencari kelemahan software.

Bahaya Malware pada komputer yaitu untuk merusak program-program dan software yang ada di dalam komputer.

Contoh dari Malware yaitu Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Browser Hijacker, Trojan Horse, Spyware, Backdoor, Dialer, Adword, dan masih banyak lagi. Apabila Laptop maupun komputer anda terjangkit Malware ini, maka akan sangat beresiko, baik pengguna maupun komputer itu sendiri. Agar komputer dan laptop anda terbebas dari malware jahat, pakailah antivirus terbaik untuk komputer dan laptop anda.

BAHAYA MALWARE PADA KOMPUTER

Berikut adalah beberapa bahaya Malware pada komputer anda, diantaranya:


Virus
Virus adalah istilah yang sering dipakai diseluruh perangkat lunak yang akan mengganggu dan merusak sistem pada komputer. Bisa jadi karena virus inilah yang tipe malware pertama  yang muncul. Virus sendiri bisa bersarang di banyak tipe file di komputer. Namun virus lebih menargetkan file yang bisa dijalankan seperti EXE, COM, dan VBS, yang menjadi suatu bagian perangkat lunak atau sofware. Terutama boot sektor yang sering digunakan virus untuk bersarang. Namun beberapa file dokumen juga bisa menjadi sarang virus. Saat file yang terinfeksi virus, dan dijalankan di komputer lain, maka komputer lain juga akan ikut terinfeksi. Atau lewat peer to peer atau kata lain berbagi file dari komputer satu ke komputer lainya.

Worm
Worm alias cacing, sebutan untuk jenis perusak ini. Cacing adalah sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri ke komputer lain, tidak seperti virus. Cacing bisa menyebarkan diri melalui jaringan dalam komputer-komputer yang berhubungan, terutama pada komputer dengan kerapuhan/Vulnerability di operasi sistem. Setelah worm masuk pada suatu komputer, worm akan memodifikasi beberapa pengaturan di sistem operasi agar tetap hidup. Minimal worm akan memasukan diri kedalam proses boot pada suatu komputer, dan mematikan akses ke situs antivirus, serta menonaktifkan sistem keamanan lain pada sebuah komputer.

Wabbit
Seperti Worm, Wabbit tidak membutuhkan suatu program dan dokumen untuk bersarang. Berbeda dengan Worm, cara kerja Wabbit dengan cara menggandakan diri secara terus-menerus didalam sebuah komputer. Dan hasilnya, komputer akan melambatkan kinerja komputer, karena Wabbit memakan sumber data yang lumayan banyak. Selain memakan sumber data yang banyak, Wabbit juga berefek seperti pada malware yang lain.

Keylogger
Berhati-hatilah apabila menggunakan internet pada sebuah warnet, karena bisa saja pada sebuah komputer di warnet tersebut telah di instal dengan perangkat lunak yang bernama Keylogger. Cara kerja Keylogger sendiri merekam tombol keyboard pada sebuah komputer. Catatan yang disimpan dalam sebuah file akan bisa terlihat. Dengan cara ini orang lain akan bisa mengetahui dan melihat username, dan password dan informasi lainnya yang di masukan dengan cara pengetikan. Pada tingkat yang lebih canggih, komputer bisa mengirim log yang biasanya mengirim file teks ke seseorang, tanpa sepengetahuan si korban. Keylogger ini cukup berbahaya karena secanggih apapun enkripsi yang diterapkan oleh website, password masih bisa diambil. Jadi intinya, Keylogger merekam jejak penulisan pada keyboard sebuah komputer.

Browser Hijacker
Kerja dari malware yang satu ini adalah mengarahkan browser. Yang tadinya kita memasukan alamat website yang benar, namun kemudian kita masuk ke situs lain. Contoh lain yang bisa dilakukan oleh pembajak ini adalah dengan menambahkan bookmark, mengganti home page, dan mengubah pengaturan browser.

Trojan Horse
Kuda Troya atau Trojan Horse adalah mengelabuhi pengguna komputer dengan program-program yang seolah-olah berguna, menghibur, menyelamatkan, namun dibalik itu malware ini adalah merusak sistem. Kuda Troya ini biasanya ditunggangi oleh Virus, Worm, Spyware dan yang lainnya. Karena Kuda Troya dapat menyebarkan mereka untuk menyusup kedalam sistem komputer anda.

Spyware
Soyware adalah perangkat lunak yang mengumpulkan dan mengirim informasi pengguna komputer tanpa diketahui oleh pengguna komputer sendiri. Selanjutnya informasi itu digunakan untuk menampilkan iklan yang biasanya berupa jendela pop-up. Iklan tersebut berhubungan dengan kebiasaan orang berinternet. Misalnya seorang pengguna sering browsing mencari informasi tentang sepeda motor, maka yang akan keluar adalah iklan seputar sepeda motor. Mungkin hal ini tidak terlalu bahaya buat pengguna komputer, namun apabila spyware itu mencuri data penting seperti pencurian account, pin, tentunya hal ini akan merugikan pengguna komputer.

Adware
Adware adalah iklan produk atau penawaran layanan yang merupakan bagian dari sebuah situs atau aplikasi. Script yang ditulis pada suatu halaman web memungkinkan adware untuk berjalan sendiri (autorun applications) yang akan muncul pada saat kita surfing di suatu situs tertentu atau sedang menjalankan aplikasi. Biasanya adware sangat gampang untuk di nonaktifkan, tapi tidak dengan varian adware yang memiliki suatu teknik anti-removal dan ini biasanya sangat mengganggu. 
Backdoor
Berdasarkan cara kerjanya, Backdor dibagi menjadi 2 grup. Grup yang pertama mirip dengan Kuda Troya, yang secara manual di masukan kedalam suatu file program pada suatu perangkat lunak, dan apabila perangkat lunak itu di instal, maka akan terus menyebar. Grup yang kedua mirip dengan dengan Worm, dibagian ini di jalankan sebagai bagian dari proses boot. 

Dialer
Cara kerja malware ini adalah mengarahkan untuk menghubungkan kejaringan internet, walaupun komputer anda tidak ada koneksi dengan internet. Kalaupun komputer ada tanda yang demikian, maka patut diwaspadai komputer telah terjangkit malware yang satu ini. Dialer meminta menghubungkan internet guna untuk mengirim informasi yang didapat oleh Keylogger.

Itulah beberapa bahaya Malware pada komputer bagi komputer, dan tentunya masih banyak lagi program-program yang diciptakan untuk merusak komputer selain jenis Malware yang saya sebutkan. Untuk melindungi komputer dan mencegah virus menyerang komputer, pakailah antivirus yang terpercaya agar bisa memproteksi komputer anda, guna mengatasi komputer yang terkena virus.

2 comments: