TIPS MERAWAT KOMPUTER DAN LAPTOP | Seputar Info Menarik

TIPS MERAWAT KOMPUTER DAN LAPTOP

By

TIPS MERAWAT KOMPUTER DAN LAPTOP

Merawat komputer dan laptop adalah bagian penting untuk menjaga perfoma komputer anda, dan menjadikan komputer serta laptop anda menjadi lebih awet. Banyak faktor yang mempengaruhi komputer maupun laptop perfomanya  menurun yang disebabkan oleh aplikasi yang sudah usang, ataupun oleh virus yang menyerang sistem komputer, gunakanlah antivirus terbaik untuk komputer dan laptop anda. Faktor lain yang menyebabkan komputer atau laptop kita menurun perfomanya ialah kelalaian kita dalam merawat dan menjaga komputer itu sendiri. dengan kita selalu merawat komputer, baik itu hardware ataupun softwarenya, maka komputer akan awet dan tidak mudah menurun perfomanya.

TIPS MERAWAT KOMPUTER DAN LAPTOP


Berikut tips merawat komputer dan laptop yang perlu anda lakukan:


Tutup/close program yang tidak diperlukan

Setiap program yang di load atau dijalankan membutuhkan memory ( RAM ), sehingga semakin banyak program yang dijalankan akan semakin banyak memakai ruang pada RAM, sehingga mengakibatkan kerja kamputer ataupun laptop akan lebih berat. selain itu juga akan memperpendek umur RAM dan juga komponen lain.

Ventilasi yang cukup

Jangan tempatkan PC, Monitor, pada ruang yang sempit. Berilah celah pada penempatan agar sirkulasi udara bisa masuk, sehingga panas dari PC ataupun monitor komputer bisa keluar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan komputer akan cepat panas berlebihan, sehingga komponen yang ada dalam komputer akan cepat panas dan mengakibatkan umur komponen tidak lama. Selain fan pada casing PC, tambahkan pendingin lain jika diperlukan seprti kipas angin. Jagalah jarak penempatan PC dan monitor dari tembok minimal 30 cm.

Instal Antivirus dan updatelah secara berkala

Untuk menjaga sistem dan program yang terinstal dalam komputer ataupun laptop, instal antivirus untuk melindungi komputer dan laptop anda. Update antivirus secara berkala agar keamanan sitem komputer tetap terjaga.

Uninstall/buang program yang tidak diperlukan

Ruang harddisk yang banyak tersita oleh program yang tidak berguna akan memperlambat proses write/read harddisk anda, sehingga beban komputer menjadi berat dan mengakibatkan harddisk akan cepat rusak.

Pakailah UPS/Stabilizer

Gunakan UPS untuk menghindari aliran kejut listrik pada komponen dalam PC.sehingga komponen pada komputer akan lebih awet terutama harddisk.

Defag harddisk secara berkala

fungsi defrag harddisk yaitu menata dan mengurutkan kembali file-file berdasarkan jenis file/data agar mudah memproses read/write pada komputer, sehingga kerja komputer akan lebih ringan. dengan demikian harddisk akan awet.

Bersihkan Recycle Bin/file-file sampah

File atau folder yang anda hapus tidak langsung hilang pada memory harddisk, dan akan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin, yang mana sampah file/folder akan tetap membebani komputer.


Pasang kabel ground

Casing computer terkadang nyetrum saat dipegang, pasang kabel ground untuk mengantisipasi casing nyetrum. Caranya  ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yang “nyasar” pada komputer anda menjadi hilang dan tidak menyetrum lagi dan hal ini juga dapat membuat komponen elektronik pada komputer anda lebih awet dan tahan lama.

Jangan meletakkan Speaker Active terlalu dekat dengan monitor

Hal ini kedengarannya seperti hal biasa dilakukan, karena pada umumnya speker diletakkan dekat di sisi kiri monitor dan sisi kanan monitor agar terlihat lebih rapi. Namun tanpa anda sadari medan magnet yang ada pada speaker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang. Dapat kami sarankan jarak speaker active anda masing-masing sebelah kiri dan kanan adalah 30cm agar medan magnet pada speaker tidak mempengaruhi warna monitor anda.

Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala

Setidaknya enam bulan sekalilah hal ini harus anda lakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, kipas, dll) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer anda.

0 komentar:

Post a Comment