Cara mengatasi komputer terinfeksi virus | Seputar Info Menarik

Cara mengatasi komputer terinfeksi virus

By

Cara mengatasi komputer terinfeksi virus

Setelah sebelumnya kita mengulas cara mencegah virus menyerang komputer, sekarang kita akan ulas cara mengatasi komputer terinfeksi virus. Ini adalah salah satu upaya kita untuk membersihkan virus yang sudah terlanjur menginfeksi komputer.

Virus komputer yang sudah terlanjur menginfeksi akan sangat membahayakan komputer yang kita pakai. Kalau di biarkan, bukan saja komputer menjadi error, tetapi akibatnya operasi sistem bisa tidak berfungsi sama sekali. Hal Ini akan terjadi apabila virus sudah menyebar ke seluruh sistem komputer dengan cara berkembang biak karena kita diamkan.

Cara mengatasi komputer terinfeksi virus

Jika komputer anda sudah terinfeksi virus dan spyware, anda bisa mengatasi dengan beberapa kiat berikut ini :

1. Matikan sambungan internet dan file sharing jaringan

Jika komputer anda terhubung dengan jaringan internet, segera putuskan jaringan atau cabut LAN bila perlu. Pastikan sambungan internet terputus 100% karena virus dapat memanipulasi seolah-olah sambungan internet sudah terputus dengan jaringan luar.

2. Update dan Scan

Langkah selanjutnya untuk mengatasi virus adalah dengan meng-Update anti virus, bisa melalui online atau offline apabila anda memiliki file updatenya. Karena virus akan tetap bisa masuk ke sistem apabila anti virus yang anda pakai sudah usang. Bila sudah ter-Update dengan definition yang baru, segera lakukan scan pada komputer anda untuk membersihkan virus.

3. Aktif/gabung komunitas Mailing list/Forum tentang keamanan komputer

Semakin banyak bergabung dengan komunitas komputer, maka akan banyak yang membantu kita apabila komputer kita sedang dalam masalah. Jangan ragu untuk menanyakan masalah yang sedang anda hadapi mengenai komputer, walaupun itu hanya masalah sepele. Karena di luar sana banyak sekali orang yang mungkin pernah mengalami masalah seperti yang anda hadapi. Selain anda bisa mendapatkan tips, saran, serta solusi, anda juga bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai virus dan spyware di komunitas tersebut. Selain itu anda bisa menanyakan hal-hal lain mengenai komputer seperti tips merawat komputer dan laptop melalui forum ini.

4. Format harddisk bila tak ada jalan keluar

Apabila semua jalan sudah anda lakukan namun tidak bisa menangani masalah pada komputer anda, anda dapat mengambil jalan pintas yang terakhir, yaitu dengan memformat ulang harddisk anda. Pastikan data-data penting yang ada dalam komputer sudah anda cadangkan dalam media lain yang tidak terinfeksi virus, spyware, dan program jahat lainnya. Kemudian format harddisk dan install ulang operasi sistem serta program aplikasi lain yang biasa anda pakai. Setelah semuanya siap, salin kembali file atau data anda yang sebelumnya anda cadangkan.

5. Belajar dari kesalahan

Terakhir adalah belajar dari kesalahan. Jadikan apa yang telah anda alami pada komputer anda, kemudian anda bisa pelajari apa yang telah terjadi. Karena tidak menutup kemunkinan, hal-hal yang menjadi persoalan akan terjadi di kemudian hari, atau bahkan akan timbul masalah yang lebih besar. Belajar tidak hanya dari masalah yang anda alami, tapi bahkan dari orang lain yang tidak anda kenal sekalipun.

Itulah beberapa Cara mengatasi komputer terinfeksi virus. Semoga dengan membaca artikel ini, di kemudian hari anda bisa mencegah virus masuk komputer. Ada baiknya anda mengetahui gejala komputer terkena virus, untuk bisa membedakan dan mengetahui komputer anda terinfeksi virus atau tidak. Untuk megatasi dan melindungi virus dari komputer, pasanglah anti virus terbaik untuk komputer dan laptop untuk perlindungan maksimal dari serangan virus jahat dan spyware.

0 komentar:

Post a Comment