6 makanan pencegah stres | Seputar Info Menarik

6 makanan pencegah stres

By

6 makanan pencegah stres

Beberapa studi klinik menunjukan, bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan ini bisa mencegah stres dan juga bisa membangkitkan rasa optimisme, kebahagiaan, dan rasa percaya diri. Lalu makanan seperti apa yang disarankan para ahli, yang berfungsi seperti disebutkan diatas?, berikut beberapa makanan yang bisa mencegah stres pada diri anda.

Mengatasi stres dengan coklat

cokelat makanan pencegah stres
Menurut riset di Inggris, makan coklat bisa untuk mengatasi stres dan depresi. Cokelat mengandung sekitar 300 senyawa alamiah yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan. Antara lain beberapa stimulan yang membuat bisa berpikir cepat dan lebih bahagia. Zat-zat kimia ini paling banyak terdapat pada coklat hitam sehingga coklat hitam menjadi pilihan terbaik di saat seseorang sedang murung namun bagi yang suka dengan coklat susu anda tidak usah khawatir, karena menurut Ava cadell PhD, Ed.D, dalam buku 12 steps to Everlasting Love, rasa, kelembutan, serta aroma semua jenis coklat juga bisa membangkitkan semangat. Untuk lebih bersemangat di hari-hari anda, pada pagi hari tambahkan bubuk Cocoa kedalam kopi di waktu pagi hari. Karena bubuk cocoa mengandung semua khasiat, dan kaya zat besi. Dikarenakan kekurangan zat besi sedikit saja pada tubuh anda, akan membuat murung.

Walnut membantu mengatasi depresi

walnut makanan pencegah stres
Para ahli menemukan bahwa walnut lebih ampuh dibandingkan dengan obat antidepressant. Menurut para periset khasiatnya juga segera terasa Rahasianya terletak pada kombinasi asam lemak omega 3 dan setiap jenis senyawa alamiah yang disebut murid ini keduanya menunjukkan efek seperti antidepresan penggabungan antara keduanya akan lebih efektif jika berdiri sendiri. Apabila anda alergi terhadap kacang-kacangan coba makan gula bit study Harvard menemukan gulabed memberikan perpaduan omega 3 dan uridine yang membahagiakan.

Menurunkan stres dengan cabai

cabai makanan pencegah stres
Kini para ahli menemukan alasan kenapa sebagian orang kecanduan sambal atau makanan pedas. Rasa pedas yang timbul ketika pedas cabai kontak dengan lidah akan memicu pelepasan endhorpin, yang merupakan molekul-molekul ajaib yang dapat menurunkan stres dan membangkitkan semangat secara bermakna cara lain untuk melepaskan endorfin antara lain dengan melakukan olahraga tape adalah sumber makanan yang kaya kaya akan serat thiamin, riboflavin,  vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B6, folic acid, zat besi, potassium. Selain itu cabai juga rendah kalori dan rendah sodium.

Ikan tuna membangkitkan optimisme

tuna makanan pencegah stres
Studi-studi menunjukkan bahwa banyak mengkonsumsi lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan dapat menurunkan resiko depresi sampai dengan 50%. Lemak ini diperlukan otak untuk membantu zat kimia yang memerangi keresahan seperti acetylcholine dan serotonin, pennetrasi sel-sel membran yang akan membuat kita tenang. Khasiat lain adalah, dalam tuna kalengan isi 3 ons mengandung 95% angka kecukupan gizi selenium dan mineral yang bisa membuat perasaan seseorang lebih tenang. Selain itu, mengkonsumsi 2 saji atau lebih dalam seminggu dapat menurunkan resiko kanker perut, dan kanker pankreatik. Para ahli menduga, omega 3 bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Bahagia dengan pop corn

popcorn makanan pencegah stres
Karbohidrat yang terkandung dalam popcorn akan meningkatkan produksi serotoin, sejenis neurotransmitter yang membantu mencegah kemarahan, depresi, insomnia, rasa ingin ngemil, dan bahkan dapat menurunkan sensitivitas terhadap rasa sakit. Karbohidrat di dalam popcorn termasuk karbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat yang terdapat di dalam makanan bergula. Karena itu pop corn membuat rasa senang pada seseorang akan bertahan lebih lama. Selain itu karbohidrat kompleks juga meningkatkan energi, meningkatkan konsentrasi, dan menyetabilkan kadar gula darah, sehingga akan membuat perasaan lebih stabil selama beberapa jam. Sumber karbohidrat kompleks lainnya adalah kacang-kacangan, havermut, nasi beras coklat, dan juga pasta gandum.


Pepaya dan telur untuk mengatasi perasaan negatif

pepaya makanan pencegah stres
Telur kaya akan folic acid, sejenis vitamin B. Menurut ahli gizi Tammy Lakatos Shames,  RD, dalam buku fire up your metabolism, folic acid adalah salah satu nutrien yang paling berkhasiat di dalam membangkitkan semangat. Pada kenyataannya 38% dari perempuan yang depresi mempunyai kadar folic acid rendah, dan yang kadarnya paling rendah akan mengalami paling depresi. Kabar baiknya mengoreksi kekurangan folic acid dapat menghilangkan perasaan negatif seperti depresi, rasa marah, rasa cemas dan juga lelah. Sumber folic acid yang baik lainnya banyak terdapat pada sayuran daun hijau, pea, lentil, chickpea, dan juga pepaya.

Baca juga : Hati-hati kafein bisa meningkatkan kadar gula darah
                   Manfaat Ikan Salmon bagi kesehatan

Selain makanan yang disebutkan diatas, makan setiap 4-5 jam sekali juga bisa memberikan bahan bakar pada tubuh secara konsisten, sehingga akan memberikan sumber energi bagi otak dan tubuh, yang akan mencegah kadar gula turun sehingga semangat akan turun. Namun untuk makanan ini disarankan adalah makanan ringan atau cemilan. Semoga ulasan 6 makanan pencegah stres ini bisa bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Post a Comment