BAHAYA KEROKAN | Seputar Info Menarik

BAHAYA KEROKAN

By

BAHAYA KEROKAN

BAHAYA KEROKAN-Bagi sebagian masyarakat Indonesia, kerokan atau kerik badan menggunakan logam pasti sudah tidak asing lagi. Atau mungkin anda adalah salah satu yang suka dengan kerokan apabila merasa masuk angin atau badan terasa pegal.Kerokan khususnya di masyarakat indonesia sudah menjadi identik sebagai sarana  penyembuhan atau pengobatan, khususnya bagi orang yang sedang mengalami gejala masuk angin. Dikarenakan bagi penderita masuk angin, dengan kerokan dianggap mampu menghilangkan masuk angin yang mereka derita.Pengobatan tradisional jawa ini menggunakan benda tumpul seperti koin, batu giok, potongan jahe, potongan bawang, atau benda tumpul lainnya yang digosokan ke punggung.Selain benda tumpul, pengobatan dengan cara kerokan ini juga menggunakan cairan licin seperti minyak telon, minyak zaitun, minyak kelapa, atau lotion. Cairan ini di gunakan agar tidak terjadi iritasi atau lecet pada waktu di kerok.

BAHAYA KEROKAN

Bukan hanya di Indonesia yang melakukan tradisi kerokan buat mengusir masuk angin, namun di luar negri juga juga ada tradisi kerokan sebagaimana yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Seperti di Vietnam oang setempat menyebutnya dengan cao giodi, di Kamboja dengan sebutan goh kyol, dan di tiongkok orang menyebutnya gua sua. Perbedaan kerokan di Tiongkok sendiri menggunakan batu giok sebagai alat keroknya, bukan logam seperti umumnya yang digunakan masyarakat Indonesia.

Kerokan ini pun dipercaya sebagai bukti nyata dalam perwujudan ilmu Einstein (E=MC2) yang menerangkan bahwa energi muncul karena dua gesekan dua benda. Jika permukaan badan kita di gosok-gosokan dengan tangan atau benda tumpul dengan cepat, maka suhu dalam  tubuh kita akan meningkat. Karena meningkatnya panas dalam tubuh, maka akan terjadi pelebaran pembuluh darah hingga oksigen menjadi lebih baik karena peredaran darah kembali lancar dan rasa sakit pun akan mereda. Saat kita mengerok punggung kita, akan terjadi inflamasi. Inflamasi bertujuan untuk menetralisir penyebab sakit dan menghilangkan jaringan yang telah mati sehingga prosses penyembuhan menjadi lebih cepat. Inflamasi mempunyai ciri seperti kemerahan pada kulit yang dikerok yang menandakan adanya jaringan yang meradang yang mengandung banyak darah akibat pembuluh kaliper yang tadinya kosong karena menyempit telah melebar dan diisi oleh darah.


Walaupun kerokan termasuk cara ampuh dalam mengatasi gejala masuk angin, namun terdapat bahaya yang tidak kita sadari yang bisa membuat badan menjadi lebih sakit. Bahaya yang ditimbulkan oleh kerokan ini memang tidak langsung berdampak pada tubuh kita melainkan akan merasakan di kemudian hari. Bahaya yang akan ditimbulkan akibat kerokan adalah sebagai berikut :

  • Mengakibatkan kontradiksi dini seperti yang kita tahu pada saat dikerok terjadi inflamasi.Nah yang terjadi adalah penolakan terhadap inflamasi tubuh.Saat terjadi inflamasi, maka mediator anti inflamasi akan mengeluarkan suatu zat yang disebut dengan Cytokines yang merupakan sel yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Zat ini akan memicu pelepasan Prostaglandin yang bisa mengakibatkan kontraksi dalam rahim.Oleh karena itu bagi ibu-ibu yang sedang hamil sangat dilarang melakukan kerokan.
  • Masuknya bakteri dan virus saat kita mengerok tubuh kita, pori-pori akan terbuka lebar karena efek gesekan kulit dengan benda tumpul maupun karna panas tubuh yang meningkat.Saat pori-pori membesar maka akan sangat mudah angin kembali masuk dengan membawa bakteri atau virus ke dalam tubuh kita.Dan efek tersebut tidak akan dirasakan langsung oleh kita.

Sebagian besar orang akan merasa ketagihan saat di kerok dan akan melakukannya lagi saat dia terserang masuk angin. Semakin sering tubuh kita di kerok,maka akan semakin banyak juga bakteri dan virus yang akan masuk ke tubuh kita. Kerokan memang terbilang pengobatan paling murah bahkan anda tidak mengeluarkan biaya, terkecuali menyuruh orang lain dengan upah.Akan tetapi kita juga harus mempertimbangkan resiko yang buruk untuk tubuh kita.Jangan karena biaya yang murah dan praktis anda  menjadi ketagihan dan mengenyampingkan efek sampingnya.

Itulah yang bisa kami bagikan untuk anda semua tentang bahaya kerokan, semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel saya yang lain dengan judul Tips menjaga agar kulit tetap sehat dan cantik dan juga artikel Rahasia dibalik wajah mulus dan bersih.
Terima kasih

0 komentar:

Post a Comment