Penyebab sakit pinggang dan cara penyembuhannya | Seputar Info Menarik

Penyebab sakit pinggang dan cara penyembuhannya

By

Penyebab sakit pinggang dan cara penyembuhannya

Penyakit sakit pinggang merupakan keluhan yang diderita oleh banyak orang, terutama bagi orang-orang yang aktif bekerja dan juga para lanjut usia. Pada umumnya sakit pinggang erat hubungannya dengan susunan urat saraf tulang belakang. Tulang belakang tersusun oleh beberapa ruas yang membentuk kesatuan fungsi sehingga bisa melakukan gerakan-gerakan yang kita inginkan, seperti duduk, jongkok, berdiri, memutar, atau pun miring. Deretan tulang belakang tersebut membentuk lengkungan kedepan pada daerah leher dan pinggang, serta lengkungan kebelakang pada daerah dada dan pinggul. Diantara tulang yang satu dan yang lainnya terdapat persendian sehingga dapat memungkinkan gerakan berputar ke kanan dan ke kiri. (Baca juga : Cara mengobati hipertensi dengan buah mengkudu)

Penyebab sakit pinggang dan cara penyembuhannya

Diantara bagian-bagian dari unit fungsional tersebut, semuanya mempunyai persarafan yang dapat mengantar rangsangan nyeri. Segala proses yang menyebabkan tarikan, robekan atau tekanan pada bagian tersebut akan menyebabkan rasa nyeri di bagian pinggang. Demikian adanya proses peradangan pada bagian-bagian tersebut, dapat menimbulkan gejala sakit pinggang. Nyeri dan sakit pinggang yang dirasakan pagi hari selama bertahun-tahun, lama-kelamaan akan merambat keatas tulang belakang yang dapat pula punggung menjadi lebih kaku dan punggung menjadi bungkuk. (Baca juga : Mencegah penyakit berbahaya dengan vitamin D)

Penyebab sakit pinggang 

Beberapa penyebab sakit pinggang yang banyak dikeluhkan oleh banyak orang biasanya terjadi disebabkan oleh hal-hal berikut ini :
  1. Adanya gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang.
  2. Gerak atau sikap badan yang salah pada waktu membungkuk serta mengangkat beban atau barang.
  3. Tidur dengan alas terlalu lentur, sehingga tulang belakang mengikuti lenturan alas yang ditiduri.
  4. Kurangnya berolah raga sehingga menyebabkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan ikut menurun, sehingga otot mudah cidera karena gerakan yang sederhana, seperti mendorong, mengangkat dan membungkuk.
  5. Sakit pinggang juga dapat disebabkan oleh pengaruh suatu penyakit seperti, gangguan ginjal, penyakit jantung, kanker, penyakit tulang, atau gangguan metabolik. Sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal bisanya karena adanya kelainan pada air kemih. Kelainan tersebut berupa darah dalam kandungan air kemih karena kerusakan dinding saluran ginjal akibat luka yang ditimbulkan oleh batu ginjal.

Untuk mengurangi rasa nyeri dan untuk mencegah akibat yang lebih parah dari sakit pinggang, dianjurkan penderita melakukan gerak tubuh. Perhatikan sikap tubuh agar terhindar dari kondisi tubuh yang bungkuk atau lakukan aktivitas berbaring datar atau membungkuk-bungkukan badan sebentar secara teratur. Hendaknya melakukan juga keseimbangan antara istirahat dan kegiatan fisik. Aktivitas harus diperhatikan, tubuh harus mendapatkan istirahat yang cukup, hal ini mencakup pola hidup yang sehat, termasuk pola makan, pola nilai sehat, dan pola pikir yang sehat.

Cara Mengobati sakit pinggang

  1. Beberapa cara alamiah yang dapat digunakan untuk mengobati sakit pinggang dan sudah terbukti ampuh diantaranya yaitu :
  2. 25 gram jahe merah segar + 25 gram temu hitam segar + akar sawi langit segar + 30 gram daun dewa segar rebus dengan air 600 cc, hingga tersisa air 300cc, kemudian saring air rebusan diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur pagi dan menjelang tidur sampai sakit pinggang sembuh.
  3. 10 butir angcao + 1-3 buah sun boi/kiam boi + 15 akar bawang merah segar + 25 gram jahe merah direbus dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring dan minum air rebusan selagi hangat. Lakukan secara teratur sampai sakitnya hilang.
  4. 100 gram buah takokak + 30 gram rambut jagung + jahe merah + 10 gram adas kemudian rebus ketiga bahan tersebut dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa 300 cc. Kemudian minum air rebusan tadi sesudah airnya disaring, dan minumlah secara teratur.
  5. 120 gram jahe + 150 gram bawang putih + bubuk cabai secukupnya kemudian ketiga bahan tersebut direndam pakai alkohol 75% secukupnya, sampai 14 hari rendaman, kemudian oleskan pada bagian pinggang yang sakit. Lakukan dengan cara teratur.
  6. Moxa dinyalakan/dibakar lalu di dekatkan pada bagian pinggang yang sakit dengan jarak 2,5 cm selama 10-15 menit. Apabila terlalu panas bisa dijauhkan jarak moxa bakar dengan badan. Lakukan secara teratur.
itulah tadi sedikit ulasan mengenai penyebab sakit pinggang dan cara penyembuhannya, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat buat anda semuanya, terutama yang sering atau sedang menderita sakit pinggang.

0 komentar:

Post a Comment