Manfaat daun sirsak untuk kesehatan kita | Seputar Info Menarik

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan kita

By

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan kita

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan kita - Untuk kita khususnya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan yang namanya buah sirsak. Buah ini disebut juga dengan nangka belanda, karena konon kabarnya pada abad 19 bangsa belanda membawa dari negaranya untuk di budidayakan di Indonesia. Buah dengan tekstur berduri pada kulitnya, namun memiliki rasa manis agak keasaman ini banyak dijumpai di lapak-lapak tukang buah. Buah sirsak hampir ada di seluruh pelosok nusantara, dan masih banyak pohon kita jumpai di perkebunan-perkebunan warga. apalagi sekarang ini, sirsak mulai di budidayakan kembali oleh para petani, dikarenakan selain buahnya, daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Manfaat apa saja yang terkandung dalam daun sirsak?, ikuti ulasan kami berikut ini mengenai manfaat dari pada daun sirsak untuk di ketahui oleh anda semuanya.

Kita semua mungkin tahu bahwa buah sirsak atau nangka belanda, buah ini sangat cocok di nikmati pada saat cuaca sedang panas, rasa manis keasaman pada buah ini akan terasa membuat kita lebih segar. namun berhati-hati bila memakan buah ini, dikarenakan didalamnya juga terdapat kecik atau biji buah sirsak. Buah ini bisa langsung dimakan dengan cara membelah dan mengupas kulitnya, atau juga bisa dicampurkan sebagai es buah atau sop buah. Selain rasanya yang enak, buah sirsak juga banyak mengandung vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C. Jadi selain enak dan manis rasanya, buah sirsak juga membantu menyuplai berbagai vitamin untuk kesehatan tubuh kita.
Manfaat daun sirsak untuk kesehatan kita

Selain buahnya, daun sirsak ternyata juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita sebagai obat. Penelitian menyebutkan bahwa daun sirsak mengandung zat-zat yang sangat baik berbagai macam pengobatan penyakit. Zat atau senyawa yang terkandung dalam daun sirsak antara lain, acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, annomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentucin, yang fungsinya untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita. Jadi selain buah, daun sirsak pun bisa di komsumsi karena banyak terkandung manfaat di dalamnya. Apa saja manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh kita?, berikut beberapa manfaat daun sirsak tersebut. (Baca juga : Jenis tanaman obat asam urat yang manjur)

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan kita diantaranya:


  1. Sebagai penangkal tumbuhnya sel kanker dan membunuh sel-sel kanker
  2. sebagai pencegah infeksi pada tubuh atau meningkatkan kekebalan sistem imun
  3. Menghambat perkembangan virus dan parasit berbahaya dalam tubuh.
  4. Mencegah radikal bebas.
  5. Membantu menghambat mutasi gen.
  6. Anti kejang
  7. Penambah nafsu makan.
  8. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  9. Pereda nyeri.
  10. Menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.
  11. Menyuburkan dan menambah sperma bagi kaum pria.

Untuk menjaga kesehatan minumlah secara rutin rebusan daun sirsak setiap hari, pagi dan sore hari satu gelas. Cara membuat ramuan daun sirsak adalah:

Siapkan 10 sampai 20 lembar daun sirsak yang sudah tua, rebus bersama air sebanyak 400cc hingga tersisa 200cc (1 gelas).

Sedangkan manfaat daun sirsak untuk obat diantaranya:


  1. Mengobati kanker, cara pengobatannya yaitu dengan meminum rebusan air daun sirsak setiap hari pagi dan sore hari 1 gelas. Apabila diminum secara rutin tiap hari, dalam dua minggu akan dapat dirasakan manfaatnya. Cara membuat ramuan obat daun sirsak yaitu dengan merebus daun sirsak yang sudah tua, bersama air 3 gelas hingga menyisakan 1 gelas.
  2. Mengobati tekanan darah tinggi, caranya yaitu dengan meminum 1 gelas air rebusan daun sirsak yang di campur dengan bawang putih. Cara membuat ramuannya yaitu, rebus daun sirsak 10 lembar ditambahkan bawang putih 2 siung, rebus kedua bahan dengan air 3 gelas hingga menyisakan 1 gelas.
  3. Mengobati asam urat, cara pengobatanya dengan meminum rebusan daun sirsak 1 gelas sebanyak 2 kali sehari, pagi dan malam hari menjelang tidur. Cara membuat ramuannya adalah, ambil 6 atau 10 daun sirsak tuan, kemudian remas daun sirsak hingga mengeluarkan air. Setelah itu rebus bersama air 2 gelas hingga menyisakan 1 gelas air.
  4. Mengobati sakit pinggang, cara pengobatannya yaitu dengan meminum rebusan daun sirsak 2/3 gelas 1 kali sehari. Cara pembuatan ramuan yaitu, dengan merebus 10 daun sirsak tua bersama air 3 gelas hingga tersisa 1 gelas.
  5. Mengobati rematik, cara pengobatannya adalah dengan menempelkan daun muda yang sudah di tumbuk halus ke daerah tubuh yang sakit.
  6. Mengobati wasir, cara pengobatannya yaitu dengan meminum rebusan daun sirsak ditambah dengan daun pegagan, minum 1 kali sehari. Cara membuat ramuannya yaitu dengan merebus daun sirsak tua dicampur dengan daun pegagan, kemudian rebus bersama air 3 gelas hingga menyisakan air 1 gelas.
  7. Obat batuk ringan, cara pengobatannya yaitu dengan meremas daun sirsak yang masih muda, dan ambil air remasan. Minum air remasan daun sirsak muda di pagi hari sebelum memakan apapun.
  8. Obat pembasmi kutu rambut, cara pengobatannya yaitu dengan merebus 15 daun sirsak bersama air 3 gelas hingga menyisakan air 2 gelas, kemudian gunakan air rebusan daun sirsak tersebut untuk dipakai keramas, dan lakukan secara rutin.

Selain kesegaran buah sirsak yang bisa kita nikmati, ternyata daun sirsak pun bisa kita konsumsi untuk kesehatan tubuh kita. Semoga apa yang kita ulas barusan diatas, bisa juga bermanfaat bagi anda semuanya.

0 komentar:

Post a Comment