Mencegah virus menyerang komputer | Seputar Info Menarik

Mencegah virus menyerang komputer

By

Mencegah virus menyerang komputer

Komputer atau laptop anda pernah terkena virus ??. Virus yang menyerang sistem pada komputer akan membuat komputer atau pun laptop anda menjadi lambat, hang, bahkan yang terparah bisa membuat sistem operasi bis a berjalan. Agar virus tidak bisa menyerang komputer anda, ada baiknya anda mencegah virus menyerang komputer dengan cara yang akan kita ulas berikut ini.

Banyak orang awam tidak mengerti bentuk dan cara kerja virus komputer. Oleh karena itu banyak pengguna komputer yang terinveksi virus komputer adalah orang awam. Oleh karena itu ada baiknya mengetahui tanda-tanda komputer terserang virus.

Mencegah virus menyerang komputer

Cara kerja virus komputer biasanya akan memanipulasi pengguna dengan menyamarkan dirinya menjadi dokumen word, file audio, file video, dan dalam bentuk apapun dalam folder untuk menipu pengguna sehingga tertarik untuk meng-klik file-file tersebut, sehingga virus menjadi aktif.

Setelah virus aktif, maka ia akan berselancar dalam sistem komputer maupun laptop anda sama seperti virus biologia yang menyerang pada tubuh manusia. Kemudian virus akan menempatkan dirinya untuk tinggal di dalam sistem komputer dengan cara merubah registry Windows dan semua sistem start-up windows, sehingga pada saat komputer di nyalakan virus juga akan terbangun aktif kembali.

Setelah virus aktif di komputer, maka ia akan menggandakan dirinya sebanyak mungkin ke komputer dan juga ke media lain seperti internet, disket, flashdisk dan sebagainya, yang terhubung langsung dengan komputer yang terinveksi virus dengan menginveksi file-file sebagai sasarannya.

Setelah virus menginfeksi file-file di dalam komputer, selanjutnya virus akan menyerang sistem komputer dengan merusak dan mengacaukan sistem komputer. Gejala-gejala komputer terserang virus biasanya booting akan lama, sering restart, sering keluar kotak dialog error dan sebagainya.

Untuk mencegah virus masuk ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab virus masuk ke komputer kita. Gangguan pada komputer tidak saja di sebabkan oleh kerusakan atau kesalahan tehnis pada piranti keras dan piranti lunak. Virus dan Spyware adalah gangguan pada komputer yang di sebabkan oleh pihak eksternal dengan tujuan yang beragam seperti mencuri data, merusak hardware, menghapus file, menghilangkan fungsi tertentu, mengambil alih kontrol pada komputer, dan lain sebagainya. Jadi keberadaan virus yang menyerang pada komputer kita akan sangat berbahaya, baik bagi data, bahkan pasword yang tersimpan pada komputer.

Virus dan Spyware bisa menyerang komputer anda baik melalui online maupun komputer yang tidak pernah online atau terhubung denga jaringan internet. Virus bisa menginfeksi komputer bisa melalui USB flasdisk atau pun software yang terinfeksi virus. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam penggunaan flashdisk maupun perangkat lunak seperti software yang akan kita install.

Berikut ini tips untuk mencegah virus


Hati-hati pada Attachment Email anda

Jangan asal membuka file attachment pada email yang anda terima walaupun dari orang yang anda kenal, apabila pada file yang di kirim mengandung file program dengan ektensi atau akhiran .exe, .pif, .bat dan yang lainya. Baca dengan teliti email yang di terima, apakah gaya pada email sama dengan yang biasa anda terima. Sebagai contoh misalnya email yang anda terima dari orang jawa, namun menggunakan bahasa inggris,  rusia, china pada emailnya.

Pasang antivirus terbaru

Pastikan komputer anda terinstall antivirus dengan 3 perlindungan sekaligus dan terpasang setting otomatis tanpa harus di nyalakan terlebih dahulu. Jenis antivirus yang wajib di pasang pada komputer anda ialah antivirus yang dapat mencegah virus masuk, penangkal spyware, dan penangkal firewall. Untuk itu anda harus menggunakan anti virus terbaik untuk komputer dan laptop, yang paling ter-update dengan defimition dan patch terbaru yang memperkecil peluang bagi virus maupun spyware menyerang komputer maupun laptop anda. Jalankan scan secara berkala untuk membunuh virus atau spyware yang baru menginfeksi.

Hati-hati menginstall software

Berhati-hatilah terhadap software yang akan anda install, baik yang di beli dari toko, download di internet, dari teman, dan sebagainya. Virus ataupun spyware bias saja bersembunyi dalam program yang akan anda install tanpa anda sadari. Biasakan mem-backup file penting anda secara berkala pada flash drive, cd, atau pun dvd, agar bila terjadi sesuatu yang fatal pada komputer di karenakan serangan virus, anda tidak akan kehilangan data penting anda.

Awasi orang lain yang memakai komputer anda

Jika komputer anda di pakai orang lain, pastikan ia tidak melakukan hal-hal yang bisa merugikan komputer anda nantinya. Anda dapat menggunakan account khusus untuk tamu/guest dengan batasan-batasan tertentu yang bisa anda atur sendiri.Seseorang yang tidak anda duga bisa saja menginstall program, atau juga membawa file yang terinveksi firus ke dalam komputer anda melalui disket atau flashdisk. Bahkan bisa saja seseorang memasang program mata-mata untuk merekam segala aktivitas anda, serta mengambil password anda dalam komputer.

Waspada

Jika anda merasa ada yang tidak beres dengan komputer anda, segera putuskan dan cabut sambungan ke koneksi internet maupun jaringan LAN. Kemudian jalankan anti virus, anti spyware, dan anti firewall apakah sudah berjalan dengan baik sistem pada komputer anda. Hindari tawaran untuk menginstall program dari situs yang tidak jelas. Ikuti perkembangan update patch atau tambalan lubang keamanann pada setiap software yang terpasang dan mendapatkan akses internet pada program firewall anda.

Baca juga :
Gejala komputer komputer yang terkena virus
Bahaya malware pada komputer
Tips merawat komputer dan laptop

Itulah tips untuk mencegah virus menyerang komputer yang bisa dilakukan untuk melindungi komputer anda. Update anti virus maupun anti spyware secara berkala untuk perlindungan maksimal pada komputer.

0 komentar:

Post a Comment