Manfaat ikan Salmon bagi kesehatan | Seputar Info Menarik

Manfaat ikan Salmon bagi kesehatan

By
Manfaat ikan Salmon untuk kesehatan - Ikan Salmon merupakan jenis spesies anadromous yang berkembang biaknya dengan cara bermigrasi dari laut ke sungai. Inilah yang menjadikan keunikan dari ikan Salmon, dimana ikan ini lahir di sungai kemudian bermigrasi ke laut dan kembali lagi ke sungai untuk bereproduksi.

Manfaat ikan Salmon bagi kesehatan

Memasuki awal tahun pertama, ikan Salmon yang baru bermigrasi dari sungai banyak menghadapi tantangan yang mengancam hidupnya terutama para predator laut yang siap memangsanya seperti singa laut, burung, dan juga manusia. Setelah hidup di laut selama 4 hingga 7 tahun, ikan Salmon berkumpul dengan ikan Salmon lainnya untuk bereproduksi di sungai.

Selama perjalanan ke sungai, banyak rintangan yang harus di lewati oleh kumpulan ikan Salmon yang akan kembali ke hulu sungai, mulai dari melawan arus hingga melawan air terjun. Daya loncat ikan ini bisa mencapai 3 meter, sehingga bisa melawan arus deras sungai untuk menuju ke hulu. Selama dalam perjalanan menuju hulu sungai, ikan-ikan Salmon ini tidak memakan apapu alias berpuasa. Mereka memanfaatkan cadangan lemak yang berada dalam tubuhnya untuk bertahan hidup. Namun begitu tidak jarang pula dalam perjalanan menuju hulu banyak yang mengalami kematian dikarenakan kelelahan, dan ada juga yang mati karena disungai juga banyak predator yang sudah menunggu untuk memangsanya seperti beruang, kucing hutan, dan hewan buas lainya yang hidup didaratan.

Dalam penelitian menunjukan bahwa ikan Salmon akan kembali lagi ke tempat dimana dia dilahirkan, untuk bereproduksi kembali melanjutkan keturunan berikutnya. Namun sejauh ini belum bisa terpecahkan, bagaimana ikan-ikan tersebut menemukan jalan pulang menuju sungai setelah sekian lama berpetualang di lautan lepas dengan jarak jelajah mencapai beribu-ribu kilometer. Ada yang menyebutkan bahwa ikan Salmon mempunyai penciuman otomatis, sehingga mereka bisa kembali ke sungai dimana mereka berasal dan dilahirkan.

Ikan Salmon menjadi salah satu jenis ikan dengan nilai gizinya yang cukup tinggi. seperti omega 3 dan asam lemak yang sangat bermanfaat bagi otak manusia, meningkatkan memori pada otak, mencegah penuaan dini. Selain itu manfaat ikan Salmon yang lain yaitu, membantu pembentukan otot karena kandungan protein yang tinggi, membantu memproduksi enzim dan hormon karena nutrisi yang lengkap seperti zat besi, kalsium, selenium serta vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin D. Manfaat lain pada ikan salmon yaitu bisa mencegah penyakit dan menguatkan persendian dan tulang.

Ikan ini menjadi hasil perikanan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Yang paling populer, ikan Salmon menjadi salah satu resep hidangan ikan mentah favorit di restoran-restoran sushi maupun restoran Jepang lain yang biasa mengolah ikan Salmon. Rasanya yang nikmat dan tidak amis membuat hidangan dari ikan Salmon menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakat luas.

0 komentar:

Post a Comment