Membuat sop tulang iga dengan mudah | Seputar Info Menarik

Membuat sop tulang iga dengan mudah

By

Membuat sop tulang iga dengan mudah

Resep sop tulang iga-Setelah sebelumnya saya berikan resep cara membuat sop iga bakar istimewa, pada kesempatan ini saya akan berikan resep sop tulang iga. Bagi anda para penikmat sop tulang iga yang belum tahu resep dan cara membuatnya, pada kali ini saya akan berbagi resepnya untuk anda. Adapun resep dan cara membuat sup asam iga sebagai berikut.

Membuat sop tulang iga dengan mudah

Bahan untuk membuat sop tulang iga

Sebelum anda membuat sup asam iga, terlebih dahulu anda siapkan bahan-bahannya yaitu, 1 kg daging sapi dan pilih iga berdaging tebal, 2 buah asam kandis, 1 sendok makan garam, ½ sendok gula pasir, 1 sendok teh lada bubuk, 1 buah pala yang di memarkan, 3 cm lengkuas yang di memarkan, 2 batang serai yang di memarkan, 3 lembar daun salam, 4 buah cengkih, 2 liter air, 10 cabai rawit merah utuh, 5 lembar daun jeruk, 2 sendok makan minyak untuk menumis, dan kaldu sapi instan secukupnya.

Bumbu asam sop asam iga yang dihaluskan

7 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar, ½ sendok teh jintan, 10 cabai merah.
Haluskan bahan-bahan tersebut dengan cara di ulek menggunakan cobek hingga halus.

Cara membuat sop asam iga

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan semua, sekarang tahap untuk membuat sup asam iga. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Didihkan air, rebus iga sapi hingga dagingnya empuk. Agar kuah sup iga bening, didihkan terlebih dahulu air sampai mendidih, baru iga di masukan. Rebus iga sapi dengan api kecil saja. Buah juga lemak yang keluar dari iga yang berbentuk minyak agar sup tidak berbau dan jadi bening.
  2. Selagi menunggu iga matang, tumis bumbu yang di haluskan hingga berbau harum, kemudian masukan bumbu tumis ke dalam rebusan iga sapi.
  3. Tambahkan juga bumbu lain yang telah disiapkan, aduk-aduk hingga iga matang dan bumbu meresap.
  4. Setelah hampir matang, masukan cabai rawit utuh dan juga daun jeruk, aduk-aduk sebentar kemudian angkat.
  5. Sup asam iga siap disajikan dengan nasi putih.

                   
Nah itulah tadi resep dan cara membuat sop tulang iga yang bisa anda buat sendiri di dapur anda. Semoga resep yang saya berikan diatas, bisa menambah pengetahuan memasak anda. 

0 komentar:

Post a Comment