Mengatasi jerawat yang membandel | Seputar Info Menarik

Mengatasi jerawat yang membandel

By

Cara mengobati jerawat yang membandel 


Banyak orang mencari cara untuk menghilangkan atau mengobati jerawat yang menempel di wajah mereka, karena selain dapat mengganggu penampilan, jerawat juga dapat menimbulkan rasa sakit dan juga gatal. Oleh karena itu bagi sebagian orang, jerawat dianggap sebagai momok yang menakutkan, baik bagi pria dan juga wanita. Banyak orang yang telah melakukan usaha agar wajahnya terhindar dari jerawat. Namun terkadang tidak menghambat tumbuhnya jerawat, tapi terkadang justru jerawat menjadi semakin banyak. Ini dikarenakan kebanyakan mereka tidak mengetahui cara untuk mengobati jerawat diwajah dengan benar. Dikarenakan kulit wajah kita adalah bagian yang sensitif, maka dalam mengatasi jerawat haruslah sangat hati-hati, dengan tidak memberikan sembarangan obat-obatan.

Untuk menghilangkan jerawat sebetulnya ada dua cara, yaitu menggunakan obat herbal atau pengobatan secara alami, dan juga obat-obatan modern yang di produksi oleh pabrik farmasi. Selain itu, untuk mengatasi jerawat banyak orang pergi ke klinik perawatan wajah, yang tentunya dengan biaya yang tidak murah. Namun perlu di ingat bahwa dari kedua obat-obatan diatas, baik herbal atau non herbal harusnya melihat dari jenis kulit wajah, dan juga jenis jerawat itu sendiri. Kebanyakan orang hanya melihat obat-obatan dari luarnya saja, tanpa mengetahui zat apa saja yang terkandung dalam obat tersebut, khususnya obat-obatan yang mengandung bahan kimia. untuk obat-obatan modern ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kecantikan atau ahli kecantikan, untuk menghindari kesalahan pemakaian obat yang justru akan merusak kulit wajah anda.

Mengatasi jerawat yang membandel

Adapun penyebab timbulnya jerawat bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya produksi minyak yang berlebih di kulit wajah, oleh karena itu usahakan untuk secepatnya mengatasi kulit wajah berminyak.Selain itu, pori-pori wajah yang tersumbat oleh kotoran, baik debu maupun sisa kosmetik, bakteri, sel kulit mati, serta kelenjar hormon pada mas pubertas (sebaceous). Oleh karena itu apabila kita ingin terhindar dari jerawat haruslah menjaga kebersihan wajah, dan juga hindari stres, serta istirahat yang cukup. Selain itu perbanyaklah mengkonsumsi air putih, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta rajin berolah raga. sehingga anda akan memiliki kulit wajah bersih dan mulus, yang anda idam-idamkan.

Untuk anda yang sedang mengalami masalah dengan wajah akibat jerawat, berikut saya akan memberikan cara pengobatan baik dengan obat-obatan alami atau herbal, maupun dengan pengobatan modern. Untuk pengobatan herbal ataupun pengobatan modern tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan menggunakan obat herbal diantaranya dikarenakan biaya lebih murah tanpa efek samping yang ditimbulkan akibat pengobatan, sedangkan kekurangan dariobat herbal biasanya butuh waktu lebih lama untuk penyembuhan. Untuk obat-obatan modern kelebihanya lebih cepat dalam penyembuhan, sedangklan kekuranganya obat ini biasanya akan mengeluarkan biaya lebih mahal dan berefek samping seperti iritasi dll.

Pengobatan dengan cara alami untuk menghilangkan jerawat pada wajah dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kita dapatkan, karena banyak tersedia di sekitar kita. Selain biaya yang murah, kita bisa melakukan pengiobatan sendiri di rumah. Adapun bahan alami yang dapat digunakan yaitu:

MADU

Madu adalah herbal yang sangat baik untuk membasmi jerawat di wajah anda, karena mengandung zat antibiotik. Selain itu madu juga bisa menghaluskan kulit wajah anda.

Cara pengobatan:
Tuangkan madu pada kapas, kemudian tempelkan kapas ke bagian wajah yang berjerawat, lalu diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat.
Untuk kulit yang sensitif saya tidak menganjurkan pengobatan dengan madu.

JERUK NIPIS

Dari dulu jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, dan juga untuk membasmi jerawat membandel di wajah anda.

Cara pengobatan:
Potong jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian peras ambil airnya hingga 2 sendok makan. Kemudian campurkan madu murni pada air perasan jeruk nipis tadi, aduk hingga merata. Setelah itu oleskan campuran air perasan jeruk nipis dan madu ke daerah wajah yang berjerawat, tunggu 10 sampai 20menit, lalu bersihkan dengan air hangat.
Lakukan cara ini secara rutin pagi hari dan malam menjelang tidur.

LIDAH BUAYA

Lidah buaya adalah jenis tanaman yang banyak dipakai untuk menyuburkan rambut, tetapi selain itu, lidah buaya bisa juga digunakan untuk mengobati jerawat. Kandungan didalam lidah buaya ini bisa untuk mengurangi peradangan dan juga mengurangi minyak pada wajah.

Cara pengobatan:
Iris satu batang lidah buaya, kemudian buang kulitnya. Setelah itu, kocok atau remas daging lidah buaya hingga menjadi gel. Selanjutnya oleskan gel lidah buaya pada wajah yang berjerawat, diamkan sampai gel lidah buaya mengering. Selanjutnya bersihkan wajah setelah gel lidah buaya mengering menggunakan air.
Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

TOMAT

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah tomat sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

Cara pengobatan:
Iris tipis satu buah tomat hingga menjadi beberapa bagian, kemudian tempelkan irisan buah tomat ke jerawat di wajah anda selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas wajah anda dengan air bersih.
Lakukan cara ini setiap hari agar wajah anda bisa terbebas dari jerawat.

BAWANG PUTIH

Kandungan sulfur dan antioksidan yang ada pada bawang putih sangat baik untuk pengobatan jerawat.

Cara pengobatan:
Iris satu siung bawang putih, kemudian gosokan pada wajah yang berjerawat. Diamkan 10 sampai 20 menit, kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat.
Lakukan setiap hari pagi dan malam hari menjelang tidur.
Untuk kulit yang sensitif tidak dianjurkan menggunakan pengobatan dengan cara ini.

MENTIMUN

Mentimun adalah buah yang mengandung zat anti-inflamasi yang baik untuk mengobati jerawat.

Cara pengobatan:
Jadikan mentimun menjadi jus tanpa air, setelah itu oleskan pada wajah dan jadikanmasker wajah. Diamkan selama 30 sampai 45 menit, kemudian bilas wajah menggunakan air bersih.
Lakukan cara ini setiap hari, selain dapat mengobati wajah, mentimun juga bisa memutihkan kulit wajah.

LEMON

Buah lemon ini sangat baik untuk mencegah dan juga mengobati jerawat anda, selain kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain untuk mengobati jerawat, buah lemon juga bisa memutihkan kulit wajah secara alami.

Cara pengobatan:
Iris buah lemon menjadi 2 bagian, kemudian peras ambil airnya. Setelah itu celupkan kapas ke dalam perasan air lemon dan usapkan pada wajah yang berjerawat. lakukan hal ini menjelang tidur malam, dan diamkan hingga pagi hari, kemudian bilas wajah menggunakan air bersih.
lakukan cara ini secara rutin tiap hari agar wajah anda bebas jerawat dan putih bercahaya.

BATU ES

Batu es dipercaya bisa membasmi jerawat yang membandel di wajah anda. Penelitian menyebutkan, batu es dapat membantu pembekuan pori-pori yang lebar, membantu menurunkan kadar minyak di wajah, dan juga mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

Cara pengobatan:
Ambil beberapa potong batu es, kemudian bungkus dengan kain yang lembut dan bersih. Setelah itu tempelkan pada bagian wajah anda beberapa detik, dan ulangi proses tersebut beberapa kali selama kurang lebih 10 sampai dengan 20 menit.
Lakukan cara ini secara rutih setiap hari sampai jerawat membandel anda hilang.

Sebetulnya masih banyak lagi cara pengobatan dengan menggunakan obat alami, namun  menurut saya pengobatan secara herbal yang paling praktis yaitu dengan cara-cara yang saya sebutkan di atas. Cara ini selain dapat menghilangkan jerawat dari wajah anda. juga bisa menghilangkan komedo.

Sedangkan beberapa cara moderen yang dapat di lakukan untuk menghilangkan jerawat diwajah, anda juga bisa menggunakan obat-obat farmasi diantaranya:

ASAM SALISILAT

Asam Salisitat adalah obat untuk jerawat yang membandel pada wajah anda berbentuk gel. Asam salisilat berfungsi untuk mengangkat lapisan kulit mati yang akan menyumbat pori-pori wajah penyebab jerawat. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan pengobatan. Obat ini bisa anda dapatkan di apotik.

BENZOIL PEROKSIDA

Benzoil Peroksida adalah zat yang terdapat di hampir seluruh produk kecantikan yang berbentuk cream atau gel. Benzoil Peroksida sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun pengobatan dengan obat ini bisa membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu, sekitar 1 sampai dengan 2 minggu. Obat ini bisa anda beli di apotik- apotik terdekat.

ISOTRETINOIN

Isotretinoin adalah salah satu obat berbentuk kapsul untuk  mengobati jerawat parah. Obat ini bisa didapatkan di apotik dengan berbagai merk. Pemakaian obat ini haruslah dengan resep dokter, dikarenakan obat ini bisa bedampak efek samping bagi sebagian orang. Untuk lamanya penyembuhan menggunakan obat ini bisa memakan waktu 4 bulan. Dan untuk ibu hamil sangat tidak dianjurkan mengkomsumsi obat ini.

RETIN-A

Retin-A merupakan obat berbentuk gel yang mengandung tretinoin, salah satu jenis asam dari vitamin A, yang dikenal dengan All-Tans retinoic acid (ATRA) yang dapat mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori penyebab jerawat. Selain itu obat ini juga mengatasi penuaan dini pada kulit, dan juga mempercantik kulit. Konsultasikan dahulu dengan dokter kecantikan sebelum pemakian obat ini.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi dan mengobati jerawat yang membandel, baik menggunakan obat alami maupun obat-obatan farmasi. Namun alangkah baiknya apabila kita bisa mencegah timbulnya jerawat, dengan selalu menjaga kebersihan wajah. Karena biasanya wajah yang sudah terkena jerawat akan meninggalkan noda hitam bekas jerawat.

0 komentar:

Post a Comment